zonabmi

Beranda Survei Pesisir Parameter Kimia

Parameter Kimia

Peralatan dan instrumen parameter kimia pesisir yang akan diukur yaitu sebagai berikut:

   1.  Komponen Inorganik

Pengambilan sampel air dari beberapa kolom air dengan menggunakan beberapa jenis bottle sampling yang sesuai dengan volume air yang dibutuhkan. Sampel air laut diberikan perlakuan untuk analisis kandungan komponen inorganik termasuk logam berat di laboratorium.

   2.  Komponen Organik

Pengambilan sampel air dari beberapa kolom air dengan menggunakan beberapa jenis bottle sampling yang sesuai dengan volume air yang dibutuhkan. Sampel air laut diberikan perlakuan untuk analisis kandungan komponen organik di laboratorium .

   3.  Padatan Tersuspensi

Pengambilan sedimen kolom air berupa partikel tersuspensi dengan menggunakan beberapa jenis sediment trap yang sesuai dengan kondisi perairan. Sampel sedimen berupa partikel tersuspensi diberikan perlakuan tertentu untuk dianalisis kandungan komponen kimia di laboratorium.

   4.  Kimia Sedimen

Pengambilan sedimen dasar dengan menggunakan sediment grab dengan berbagai ukuran volume grab. Sampel sedimen kemudian diberikan perlakuan tertentu dan disimpan di dalam gelas sampel untuk dianalisis kandungan kimia sedimen di laboratorium.

   5.  Bahan Pencemar:

   1.  Logam Berat

Pengambilan sampel air dari beberapa kolom air dengan menggunakan beberapa jenis bottle sampling yang sesuai dengan volume air yang dibutuhkan. Sampel air laut diberikan perlakuan untuk analisis kandungan logam berat beracun seperti Hg, Cd, Pb, Cu, Cr, Ni, Zn, dan As di laboratorium.

   2.  PAH (Polyaromathichydrocarbon)

Pengambilan sampel air di permukaan laut dan kolom air dengan menggunakan beberapa jenis bottle sampling yang sesuai dengan volume air yang dibutuhkan. Sampel air laut diberikan perlakuan tertentu untuk analisis kandungan minyak di laboratorium. Sampel minyak juga diambil di pantai baik berupa tarball maupun oil slick.

   3.  Klorohidrokarbon

Pengambilan sampel air dari beberapa kolom air dengan menggunakan beberapa jenis bottle sampling yang sesuai dengan volume air yang dibutuhkan. Sampel air laut diberikan perlakuan untuk analisis kandungan klorohidrokarbon yang berasal dari limbah organik dari industri dan pertanian di laboratorium.

   4.  Pestisida dan PCBs (Polychlorinated Biphenyls)

Pengambilan sampel air dari beberapa kolom air dengan menggunakan beberapa jenis bottle sampling yang sesuai dengan volume air yang dibutuhkan. Sampel air laut diberikan perlakuan untuk analisis kandungan pestisida dan PCBs yang berasal dari limbah organik dari industri dan pertanian di laboratorium.

   5.  Organik

Pengambilan sampel air dari beberapa kolom air dengan menggunakan beberapa jenis bottle sampling yang sesuai dengan volume air yang dibutuhkan. Sampel air laut diberikan perlakuan untuk analisis kandungan limbah organik yang berasal dari rumah tangga, industri dan pertanian di laboratorium.