zonabmi

Beranda Survei Zonabmi Dukungan LSM

Dukungan LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat (Non Government Organization/NGO) memiliki aktifitas yang sangat menyentuh langsung kepada kepentingan sosial dan kemasyarakatan di daerah pesisir pantai. Telah banyak terjadi kepentingan sosial dan kemasyarakatan diabaikan dengan adanya suatu aktifitas tertentu dan kepentingan industri sehingga merugikan masyarakat. LSM kemudian dengan gencarnya melakukan perjuangan untuk membela kepentingan masyarakat. Dukungan fakta dan kaidah-kaidah saintifik sangat diperlukan untuk membuktikan bahwa hal-hal yang diutarakan oleh LSM adalah benar adanya. Perjuangan ini perlu mendapatkan simpatik dan dukungan nyata dari berbagai pihak.

Permasalahan di pesisir dan laut yang diperjuangkan oleh LSM umumnya meliputi masalah kerusakan lingkungan dan pencemaran laut. Teknologi pemodelan dapat membantu untuk mendukung kegiatan studi dan kajian oleh LSM yang berkaitan dengan pengumpulan fakta dan data dilapangan sehingga fakta dan data tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah dengan dibantu oleh teknologi pemodelan. Teknologi pemodelan dapat mengungkapkan penyebab kerusakan lingkungan dan menelusuri asal-usul bahan pencemar laut. Aplikasi-aplikasi pemodelan yang ada sebagian sangat memperhatikan permasalahan kerusakan lingkungan dan pencemaran laut.

Teknologi pemodelan dapat membantu dalam melakukan studi dan kajian yang dilakukan oleh LSM untuk memperjuangkan kepentingan sosial dan masyarakat. Bentuk dukungan yang akan diberikan adalah berupa hal-hal sebagai berikut:

  • Konsultasi perencanaan riset.
  • Penyediaan dukungan data riset yang berasal dari institusi nasional maupun internasional.
  • Penyediaan dukungan teknologi pemodelan di bidang pesisir dan kelautan dari mulai pembangunan dan penyusunan pemodelan sampai dengan interpretasi hasil pemodelan jika studi atau kajian yang akan dilakukan, tidak disponsori oleh salah satu institusi. Jika disponsori oleh salah satu institusi, biaya ini akan dibebankan bersama.
  • Pembiayaan survei, peralatan, observasi dan operasional di lapangan untuk melakukan monitoring, verifikasi dan validasi model ditanggung oleh LSM yang bersangkutan. Biaya akan dibebankan bersama jika permasalahan tersebut berdampak regional.
  • Publikasi dan promosi hasil studi dan kajian secara intensif sehingga permasalah tersebut dapat segera diatasi oleh para penentu kebijakan.

Jika membutuhkan dukungan dalam melakukan studi dan kajian yang berkaitan dengan aplikasi teknologi pemodelan untuk membantu dalam usaha LSM memperjuangkan kepentingan sosial dan masyarakat karena adanya permasalahan kerusakan lingkungan dan pencemaran laut di daerahnya dapat mengisi isian di bawah ini.

 

 

Jika studi dan kajian dibiayai Instansi pilih Aplikasi di bawah ini:

Jika studi dan kajian tidak dibiayai Instansi Klik DUKUNGAN LSM