zonabmi

Beranda Pengolahan Data Pesisir dan Laut

Pesisir dan Laut

Data pesisir dan laut sangat dinamis. Perubahan yang terjadi pada suatu parameter di perairan dari waktu ke waktu selalu ada meskipun sangat kecil. Oleh karena itu dataset pesisir dan laut memiliki jumlah data yang sangat besar jika parameter tersebut diamati secara kontinyu. Parameter yang terlibat di perairan cukup banyak dan antara satu parameter dengan parameter lainnya memiliki interaksi tertentu dimana hasil interaksi tersebut menjadi suatu perairan memiliki karakteristik tersendiri.

Karakteristik perairan yang unik ini dapat dianalisis dengan menggunakan data-data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan dan dengan metode pengolahan data yang tepat. Beragam metode telah tersedia baik dengan pendekatan statistik, empiris maupun teknik manipulasi data. Hasil dari pengolahan data tersebut harus dapat disajikan dengan baik dalam bentuk visualisasi tertentu yang mudah untuk diinterpretasikan. Visualisasi tersebut dapat berupa peta sebaran parameter, grafik, diagram dan lain sebagainya. Semakin sederhana dalam arti hanya gabungan beberapa informasi yang diperlukan saja yang disajikan maka akan semakin mudah untuk diinterpretasikan.

Hasil penyajian data melalui visualisasi yang tepat akan sangat membantu untuk analisis dan interpretasi lebih lanjut dari luaran hasil pemodelan. Teknik-teknik pengolahan data pesisir dan laut menjadi penting dalam memanfaatkan teknologi pemodelan di suatu perairan. Sehingga proses untuk mempersiapkan data masukan model dan analisis luaran hasil model serta teknik penyajiannya dengan menggunakan pengolahan data yang tepat akan menjadi lebih cepat.

 

Jika membutuhkan bantuan dan dukungan pengolah data yang berkaitan dengan persiapan data pemodelan atau pengolahan data untuk keperluan lainnya dapat Klik DAFTAR PENGOLAHAN DATA