zonabmi

Beranda Pengolahan Data Pemetaan dan Analisis GIS

Pemetaan dan Analisis SIG

Teknologi pemetaan dan analisis Sistem Informasi Geografis/Geographic Information System (SIG/GIS) untuk aplikasi kelautan telah berkembang dengan pesat. Konsep GIS Kelautan (Marine GIS) tidak hanya berkembang ke arah pemetaan dua dimensi (2D) saja, tetapi mulai diarahkan bagaimana memvisualisasikan konsep pemetaan kedalam sistem 3D dan 4D. Aplikasi SIG untuk memetakan suatu objek di daratan sangat mudah, tetapi pada saat akan memetakan di laut akan menjadi kompleks.

Objek di darat akan selalu diasumsikan “menempel” pada daratan, sedangkan suatu objek di laut terdapat beberapa kemungkinan. Kemungkinannya yaitu objek tersebut terletak di dasar laut atau berada di kolom perairan atau berada di permukaan laut. Oleh karena itu, munculah penerapan GIS Kelautan kedalam sistem 3D dan 4D. Dimensi untuk 3D adalah x,y dan z atau lintang, bujur, dan kedalaman dan untuk 4D adalah x,y,z dan t atau lintang, bujur, kedalaman dan waktu. Komponen waktu merupakan komponen yang penting karena perubahan suatu parameter di laut sangat dinamis.

Aplikasi GIS Kelautan pada wilayah pesisir pantai lebih mudah dibandingkan di laut lepas jika dikaitan dengan sistem dimensi, karena umumnya pemetaan yang dilakukan di wilayah pesisir hanya menggunakan sistem 2D saja. Tetapi pada kenyataannya, penerapan teknologi GIS Kelautan di wilayah pesisir pantai lebih kompleks karena melibatkan banyak data dan informasi. Data dan informasi tersebut tidak hanya yang terdapat di perairan saja, tetapi data dan informasi penting lainnya juga berada di daratan sepanjang tepi pantai. Begitu pula analisis keruangannya (spatial analysis) akan lebih kompleks dibandingkan dengan penerapan teknologi GIS Kelautan di laut lepas.

Beragam perangkat lunak pemetaan baik yang bersifat komersial maupun non komersial telah banyak tersedia. Pilihan yang tepat ditentukan oleh kebutuhan pengguna dan kemampuan perangkat lunak tersebut untuk menjawab kebutuhan dalam pengolahan data spasial. Hasil yang akan didapat dari pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak yang tepat adalah tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi untuk mendukung aktifitas pemodelan dengan cepat dan tepat.

 

Jika membutuhkan bantuan dan dukungan pengolah data yang berkaitan dengan persiapan data pemodelan atau pengolahan data untuk keperluan lainnya dapat Klik DAFTAR PENGOLAHAN DATA