zonabmi

Beranda Pengolahan Data Cuaca dan Iklim

Cuaca dan Iklim

Data cuaca dan iklim di perairan Indonesia sangat bervariasi dengan banyaknya fenomena iklim yang menyertainya sehingga antara satu perairan dengan perairan lainnya akan berbeda. Basis data cuaca dan iklim menjadi penting karena pengaruhnya terhadap berbagai aspek di kehidupan manusia. Oleh karena itu, berbagai institusi nasional maupun internasional telah menghimpun data cuaca dan iklim dari puluhan tahun yang lalu sehingga dataset yang telah terkumpul memiliki jumlah yang banyak.

Banyaknya jumlah dataset cuaca dan iklim tersebut akan memerlukan pengelolaan dan teknik pengolahan data yang tepat dengan menggunakan berbagai macam metodologi. Selain itu diperlukan teknik penyajian data berupa visualisasi yang mempermudah melakukan interpretasi data.

Dataset cuaca dan iklim ini juga sangat dibutuhkan sebagai data masukan untuk pemodelan. Dataset ini perlu disusun kedalam format data tertentu yang dapat dibaca oleh program didalam modelnya. Selain itu pula, dari penyajian hasil pengolahan data cuaca dan iklim dapat membantu dalam menginterpretasikan luaran hasil model.

 

Jika membutuhkan bantuan dan dukungan pengolah data yang berkaitan dengan persiapan data pemodelan atau pengolahan data untuk keperluan lainnya dapat Klik DAFTAR PENGOLAHAN DATA