zonabmi

Beranda Pengolahan Data Citra Satelit

Citra Satelit

Teknologi penginderaan jauh kelautan saat ini berkembang dengan pesat. Seiring dengan berkembangnya teknologi sensor untuk mendeteksi objek di permukaan air. Berbagai dataset yang disediakan oleh institusi riset internasional dapat dimanfaatkan dengan menggabungkan hasil citra dari satelit dan luaran hasil dari pemodelan. Tujuannya adalah untuk mempermudahkan melakukan berbagai macam analisis dengan menggabungkan kedua teknologi penginderaan jauh dan teknologi pemodelan. Citra satelit dapat bermanfaat untuk memverifikasi dan validasi model. Selain itu, data citra satelit dapat dimanfaatkan pula untuk data masukan model seperti data satelit QuikScat dan SeaWinds yang menghasilkan data kecepatan dan arah angin di atas permukaan laut.

Pada umumnya data citra satelit ini memiliki kuantitas data yang sangat besar. Tergantung pada resolusi dan cakupan citranya. Terdapat dua pendekatan pengolahan data citra satelit yang dimanfaatkan untuk tujuan pemodelan yaitu pertama, pengolahan data satelit dimana citra yang dihasilkan dikelola dan diolah sebagai informasi berbentuk gambar dan datanya bersifat kualitatif. Kedua, adalah pengolahan data satelit dimana citra yang dihasilkan dikelola dan diolah sebagai data yang memiliki nilai dari setiap pixel-nya dan datanya bersifat kuantitatif.

Pendekatan pertama dimanfaatkan oleh pemodelan untuk pendukung tambahan informasi dari hasil pemodelan. Sebagai contoh, citra satelit hyperspectral yang memetakan keberadaan jenis vegetasi pantai dimana informasi tersebut bermanfaat untuk menentukan daerah yang sensitif terhadap tumpahan minyak yang dihasilkan dari pemodelan dengan menggunakan modul model Tumpahan Minyak. Pendekatan kedua dimanfaatkan oleh pemodelan secara langsung terlibat dalam perhitungan numeriknya. Sebagai contoh, data angin dari citra satelit QuickScat dan SeaWinds digunakan oleh pemodelan sebagai data masukan model dan sebagai pembanding dalam proses verifikasi dan validasi data.

Beragam perangkat lunak pengolahan data citra satelit baik yang bersifat komersial maupun non komersial telah banyak tersedia. Pilihan yang tepat ditentukan oleh kebutuhan pengguna dan kemampuan perangkat lunak tersebut untuk menjawab kebutuhan dalam pengolahan data citra. Hasil yang akan didapat dari pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak yang tepat adalah tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi untuk mendukung aktifitas pemodelan dengan cepat dan tepat.

 

Jika membutuhkan bantuan dan dukungan pengolah data yang berkaitan dengan persiapan data pemodelan atau pengolahan data untuk keperluan lainnya dapat Klik DAFTAR PENGOLAHAN DATA