zonabmi

Beranda Pengolahan Data

Pengolahan Data

Pengolahan data memegang peranan penting dalam pemodelan. Sepanjang proses pembangunan skenario pemodelan dibutuhkan pengolahan data dari mulai mempersiapkan data masukan pemodelan, data parameterisasi sampai dengan pengolahan data hasil luaran model. Data pesisir, laut, cuaca dan iklim perlu dilakukan pengolahan data sebelum dapat digunakan oleh pemodelan atau dimanfaatkan pada proses verifikasi dan validasi model. Proses pengolahan data pemetaan melalui analisis sistem informasi geografis juga dibutuhkan untuk membantu pemodelan menambahkan informasi lain dari hasil luaran model.

Seiring dengan prekembangan teknologi satelit, telah tersedia berbagai jenis data citra satelit untuk memonitor kondisi perairan. Data citra satelit ini dapat dimanfaatkan sebagai informasi pendukung dari hasil luaran pemodelan. Data citra satelit ini perlu dilakukan pengolahan data agar dapat dimanfaatkan oleh teknologi pemodelan. Data citra satelit yang telah diolah ini sangat berguna juga dalam proses verifikasi dan validasi model karena sifat data citra satelit ini memiliki cakupan yang luas pada waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, dari hasil pemodelan dengan modul model tumpahan minyak dapat dilihat pola penyebarannya setelah sekian waktu dan pada saat yang bersamaan terdapat citra satelit radarsat yang dapat diolah untuk melihat pola penyebaran tumpahan minyak. Dari hasil perbandingan antara luaran model dan citra satelit radarsat, secara kualitatif akan terlihat seberapa tepat model tumpahan minyak tersebut mensimulasikan minyak yang tumpah.

Terkadang pengolahan data dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi dalam bentuk perangkat lunak yang dibangun sesuai dengan kebutuhan pengolahan data tersebut. Perangkat lunak yang dibangun ini dapat membantu secara efektif karena tidak harus dilakukan secara manual dan rutin dikerjakan, tetapi cukup dilakukan secara otomatis oleh perangkat lunak yang dibangun ini. Sehingga seluruh tahapan proses pengolahan data untuk mempersiapkan data masukan model dan luaran hasil model secara otomatis dikerjakan oleh perangkat lunak tersebut.

Terdapat beragam teknik dan data yang terlibat dalam pengolahan data. Secara umum jenis pengolah data untuk kebutuhan pemodelan adalah sebagai berikut:

1. Pemetaan dan Analisis SIG
2. Pesisir dan Laut
3. Cuaca dan Iklim
4. Citra Satelit
5. Program Aplikasi

 

Jika membutuhkan bantuan dan dukungan pengolah data yang berkaitan dengan persiapan data pemodelan atau pengolahan data untuk keperluan lainnya dapat Klik DAFTAR PENGOLAHAN DATA