zonabmi

Beranda Pelatihan Pemodelan

Pemodelan

Pada saat ini telah banyak diterbitkan perangkat lunak pemodelan baik yang komersial maupun non komersial. Pada umumnya perangkat lunak pemodelan yang bersifat non komersial berupa program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemograman seperti Fortran, sedangkan pada perangkat lunak pemodelan yang bersifat komersial merupakan program hasil kompilasi dari bahasa pemograman C++ atau Fortran dengan menggunakan tampilan antar muka (interface) berbasis sistem operasi windows untuk mempermudah penggunanya.

Kelebihan dari perangkat lunak pemodelan non komersial adalah baris per baris dari bahasa pemogramannya dapat dimodifikasi untuk peningkatan logika numerik yang digunakan atau untuk mengakomodir kebutuhan yang spesifik, sedangkan kelemahannya adalah salah satunya tidak menggunakan tampilan antar muka yang mempermudah penggunanya dan perubahan yang dilakukan penggunanya sulit untuk dipantau.

Kelebihan dari perangkat lunak pemodelan yang bersifat komersial, biasanya mudah digunakan karena menggunakan tampilan antar muka dan programnya biasanya lebih stabil karena telah melewati proses debuger internal yang ketat. Kelemahannya adalah pengguna hanya dapat menggunakan perangkat lunak pemodelan tersebut tanpa dapat merubah program numerik yang berada di balik perangkat lunak tersebut.

Perangkat lunak pemodelan yang berkembang saat ini sangat banyak dengan beragam aplikasi atau modul modelnya. Masing-masing perangkat lunak memiliki kekurangan dan kelebihannya yang ditentukan oleh banyak faktor, misalnya persamaan numerik yang digunakan, asumsi model yang digunakan, parameterisasi model dan lain-lain. Oleh karena banyaknya perangkat lunak yang berkembang dan masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya akan menyebabkan sulitnya memilih perangkat lunak pemodelan mana yang tepat untuk digunakan pada suatu kasus di perairan tertentu.

Oleh karena itu diperlukan suatu pelatihan pemodelan yang akan memberikan gambaran dari masing-masing perangkat lunak yang berkembang saat ini, bagaimana menggunakannya, dapat memecahkan kasus-kasus pemodelan apa saja di suatu perairan dan yang terpenting adalah menguasai teknologi pemodelan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pelatihan penggunaan teknologi pemodelan bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan pemanfaatan suatu perangkat lunak pemodelan dengan penerapan pada aplikasi tertentu. Pengguna perangkat lunak tersebut harus memiliki dasar pengetahuan mengenai oseanografi dan bidang keilmuan kelautan lainnya.

 

Untuk dapat mengikuti pelatihan pemodelan Klik Daftar Pelatihan Pemodelan