zonabmi

Beranda Pelatihan

Pelatihan

Kemampuan sumberdaya manusia dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi pemodelan sangat diperlukan. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia menjadi hal yang sangat penting untuk menguasai teknologi pemodelan. Salah satu bentuk untuk meningkatkan penguasaan teknologi pemodelan adalah melalui pelatihan.

Kemampuan penguasaan teknologi pemodelan tidak hanya pemodelan itu sendiri, tetapi dibutuhkan pula keahlian lain meliputi pengolahan data dan interpretasi data hasil pemodelan. Pengolahan data digunakan pada saat mempersiapkan data masukan untuk model dan juga dibutuhkan untuk pengolahan data luaran model.

Interpretasi data dibutuhkan untuk menganalisis hasil dari luaran model. Luaran model ini, tidak selalu menghasilkan kualitas yang baik atau tepat. Banyak faktor yang menentukan ketepatan suatu model. Faktor tersebut adalah data masukan model, numerik yang digunakan, asumsi-asumsi yang digunakan sehingga membatasi ketepatan model, parameterisasi yang digunakan, ukuran grid yang digunakan dan lain sebagainya. Ketika suatu model telah mengeluarkan suatu hasil perlu diketahui hubungan antara skenario model yang digunakan dengan hasil luaran dari model. Jika hasil luaran suatu model terdapat hal-hal yang tidak sesuai maka harus diketahui parameter apa yang tidak sesuai sehingga perlu diubah. Setelah hasil model melewati proses verifikasi dan validasi barulah model tersebut dikatakan tepat.

Pelatihan yang akan diberikan terdiri dari tiga bagian besar yaitu sebagai berikut:

1. Pelatihan Pengolahan Data
2. Pelatihan Pemodelan
3. Pelatihan Interpretasi Pemodelan

Jika membutuhkan paket pelatihan pengolahan data, pemodelan dan interpretasi data untuk menguasai teknologi pemodelan secara komprehensif dapat mengisi isian di bawah ini. Setelah mencapai jumlah yang sesuai dan telah melewati hasil seleksi maka pelatihan akan dimulai dalam waktu dekat.

 

Untuk dapat mengikuti pelatihan Klik Daftar Pelatihan