zonabmi

Beranda Modul Perangkat Analisis Gelombang

Perangkat Analisis Gelombang

Modul analisis gelombang merupakan modul analisis tingkat tinggi untuk menganalisis data deret berkala gelombang yang diperoleh dari model fisik, simulasi numerik atau observasi di lapangan. Modul ini terdiri dari empat sub modul yaitu sebagai berikut:

   1.  Analisis spektral gelombang

Sub modul ini dapat menganalisis data deret berkala gelombang kedalam domain frekuensi melalui Fast Fourier Transform (FFT). Oleh karena itu diasumsikan bahwa data deret berkala gelombang terdiri dari tidak terbatas gelombang dengan tidak terbatasnya amplitude dan fase gelombang yang membentuk superposisi. Fasilitas dari sub modul ini adalah sebagai berikut:

- Auto Spectrum
- Cross Spectrum (amplitude dan phase)
- Cross Spectrum (real dan imaginary parts)
- Frequency response spectrum (gain dan phase)
- Coherent power spectrum
- Coherence spectrum

   2.   Analisis filter digital

Sub modul filter digital menyediakan berbagai macam opsi dari filter digital. Secara umum filtering adalah merupakan proses untuk pemilihan, pelemahan dan penekanan beberapa komponen frekuensi tertentu dari sinyal deret berkala dengan jumlah tertentu sehingga terbentuk pola dari spektrum frekuensi dari sinyal. Filter ini menggunakan pengkelasan filter yang disebut Finite Impulse Response (FIR) atau juga dikenal sebagai non-recursive filter. Filter ini mengkarakteristikan dengan koefisien filter tertentu didalam domain waktu dan menurunkan dengan fungsi transfer tertentu kedalam domain frekuensi. Pengoperasian filter lebih mudah dengan cara memberikan data deret berkala dengan menggunakan beberapa koefisien filter.

   3.   Analisis arah gelombang

Sub modul ini adalah merupakan perangkat yang efisien untuk menganalisis arah gerak gelombang dimana data tinggi muka laut dan kecepatan orthogonal (fluxes) bergerak bersamaan. Sub modul ini berdasarkan perhitungan dari Maximum Entropy Method (MEM) yang dikembangkan oleh Nwogu et al, (1987). Sub modul ini terdiri dari beberapa spektrum, fungsi dan properti yaitu sebagai berikut:

- Spektrum arah atau fungsi penyebaran arah
- Penyebaran arah energi atau distribusi arah (frekuency integrated).
- Spektrum tinggi muka laut.
- Fungsi rata-rata arah gelombang dan fungsi penyebarannya.
- Nilai spektral
- Rata-rata arah dan penyebaran gelombang

   4.    Analisis perjalanan gelombang

Sub modul ini untuk menganalisis perjalanan atau trak dari rute gelombang (zero-crossing analysis) dari satu titik ke titik yang lain dalam satu alur gelombang. Dalam satu alur gelombang dari data deret waktu, ditentukan dengan cara membagi data deret waktu dengan satu kejadian alur gelombang terhadap tinggi muka air di atas atau di bawahnya. Pada setiap kejadian satu siklus gelombang dapat ditentukan nilai-nilai parameter gelombang tersebut yaitu sebagai berikut:

- Nilai puncak ke puncak gelombang berikutnya
- Level perjalanan gelombang ke gelombang pecah.
- Level perjalaman gelombang yang dilaluinya
- Level dari rerata muka air ke gelombang pecah
- Level dari rerata muka air yang dilalui gelombang
- Standar deviasi dari tiap kejadian gelombang
- Waktu tempuh gelombang
- Lamanya (periode) dari kejadian gelombang

Hasil dari analisis tersebut dapat disajikan berupa diagram pencar atau untuk memperlihatkan peluang penyebarannya dapat disajikan dalam bentuk histogram. Untuk menghilangkan dampak dari nilai-nilai yang kecil dari pengamatan akibat adanya gangguan (noise), dapat dilakukan filter pada perjalanan gelombang.

Penerapan modul perangkat analisis gelombang dapat dimodelkan dan disimulasikan dengan berbagai skenario dengan aplikasi yang terdapat pada menu di samping kanan.