zonabmi

Beranda Modul Morphologi Pantai

Morphologi Pantai

Modul morphologi pantai merupakan modul integrasi dari modul gelombang, hidrodinamika dan sedimen dengan tujuan untuk memodelkan perubahan morphologi pantai yang berevolusi dengan waktu di daerah pesisir pantai. Gambaran menyeluruh dari dinamika morphologi pantai dapat dengan jelas diungkapkan melalui modul ini. Pada umumnya area yang akan dimodelkan dengan modul ini kurang lebih 10 km di sepanjang pesisir pantai dan kuran lebih 2 km ke laut lepas, semakin luas area yang akan dimodelkan maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk me-running modul model ini. Lamanya waktu yang dibutuhkan juga tergantung dari ukuran dan dimensi grid dan lama waktu simulasi. Modul morphologi pantai dituangkan pada model jenis grid dan 2D (2 dimensi).

Data yang dibutuhkan untuk modul morphologi pantai adalah sebagai berikut:

  • Aliran arus dari modul hidrodinamikaGelombang dari modul gelombang Parabolic Mild Slope atau gelombang spektral di perairan dangkal
  • Partikel dan sedimen dari modul pergerakan sedimen atau pergerakan partikel
  • Efek gelombang pada syarat batas dari aliran hidrodinamika
  • Skema perubahan dasar perairan dari Lax-Wendroff dengan prosedur penapisan Fourier.

Luaran dari modul morphologi pantai terdiri dari aliran hidrodinamika, pergerakan sedimen dasar (pasir), perubahan batimetri dan perubahan garis pantai.

Penerapan modul morphologi pantai dapat dimodelkan dan disimulasikan dengan berbagai skenario dengan aplikasi yang terdapat pada menu di samping kanan.