zonabmi

Beranda Modul Gelombang Parabolic Mild Slope

Gelombang Parabolic Mild Slope

Modul model gelombang parabolic mild slope adalah model gelombang linier refraksi-difraksi dengan basis persamaan dari pendekatan parabolik sampai dengan persamaan elliptic mild slope. Modul ini memecahkan pengaruh dari refraksi dan shoaling gelombang karena adanya variasi kedalaman dan efek dari refraksi gelombang di sepanjang arah dan pelemahan energi gelombang karena pengaruh friksi dasar perairan dan gelombang pecah. Modul ini juga memperlihatkan pengaruh dari frekuensi dan penyebaran arah gelombang dengan menggunakan persamaan linier superposisi.

Modul gelombang ini berbasis persamaan dengan pendekatan dari parabolik sampai dengan persamaan mild slope. Beberapa pendekatan parabolik diterapkan dari mulai pendekatan simple dengan sudut gelombang yang kecil sampai dengan gelombang besar dengan sudut gelombang yang besar (kurang lebih sampai dengan 60°). Persamaan parabolik yang dipakai menggunakan skema finite difference dari Crank-Nicholson.

Modul ini tepat digunakan untuk mengkaji gangguan gelombang pada perairan pantai terbuka atau pada perairan pantai terbuka dengan terdapat struktur bangunan (pemecah gelombang, penghalang gelombang dan lain-lain) dimana gelombang pantul dari refraksi gelombang oleh struktur bangunan dapat diabaikan dan dimana difraksi gelombang terutama terjadi pada arah gelombang utama. Modul ini sangat penting untuk mengkaji kondisi gelombang (tinggi gelombang, periode gelombang dan arah gelombang) dan arus yang terbentuk dari gelombang untuk melakukan studi mengenai transport sedimen dan pola erosi dan disposisi pada zona-zona pantai.

Modul gelombang ini tidak secara tepat untuk mengkaji kondisi refraksi dan difraksi gelombang terutama jika melakukan studi untuk mengetahui pola difraksi dan refraksi gelombang pada pelabuhan dengan banyak struktur bangunan pantai, tetapi dapat dimanfaatkan untuk melakukan kajian mengenai kekuatan dan kestabilan struktur bangunan pelabuhan, tidak untuk melihat dampak dari refraksi dan difraksi gelombang terhadap kestabilan kapal dan manuver kapal di pelabuhan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun model gelombang dengan modul ini adalah apakah fenomena-fenomena yang akan ditelaah sudah diakomodir oleh modul ini? Fenomena-fenomena gelombang tersebut meliputi sebagai berikut:

1. Shoaling
2. Refraksi Gelombang
3. Difraksi Gelombang
4. Refleksi Gelombang
5. Pelemahan Gelombang karena friksi dasar perairan
6. Blok Gelombang
7. Gelombang Pecah
8. Angin pembangkit gelombang
9. Penyebaran frekuensi gelombang
10. Penyebaran arah gelombang
11. Interaksi antar gelombang
12. Interaksi gelombang dan arus

Data-data yang dibutuhkan untuk mensimulasikan modul gelombang Parabolic Mild Slope adalah sebagai berikut:

1. Batimetri
2. Syarat batas lepas pantai meliputi monokromatik, acak, irregular unidirection, regular direction dan irregular direction.
3. Syarat batas lateral meliputi relecting, absorbing dan symmetrical.
4. Tinggi muka laut
5. Koefisien parabolic meliputi model simple, model Pade’s dan model minimax
6. Interface pelemahan gelombang dengan atau tanpa filter
7. Friksi dasar perairan dengan menggunakan persamaan Nikuradse roughness atau faktor friksi gelombang.
8. Parameter gelombang pecah

Luaran dari modul gelombang Parabolic Mild Slope adalah sebagai berikut:

1. Tinggi gelombang
2. Arah gelombang
3. Periode gelombang
4. Tinggi muka laut
5. Komponen kecepatan gelombang
6. Gaya radiasi gelombang

Penerapan modul gelombang parabolic mild slope dapat dimodelkan dan disimulasikan dengan berbagai skenario dengan aplikasi yang terdapat pada menu di samping kanan.