zonabmi

Beranda Modul Banjir di Daratan

Banjir di Daratan

Modul banjir di daratan adalah gabungan modul dinamis dari modul hidrodinamika dan aliran sungai yang dikemas dalam paket model hidrologi. Siklus air di daratan diterapkan pada persamaan-persamaan hidrologi dari mulai daerah resapan air (cachment area) sampai dengan aliran air di sungai dimana proses-proses yang melibatkan curah hujan (rainfall) dan limpasan air (runoff) sangat berperan. Modul hidrodinamika digunakan untuk menggambarkan kondisi dari dinamika estuari dan pengaruh dari perubahan tinggi muka laut karena pasang-surut, badai dan gelombang. Kondisi dari aliran ekstrim dimana kecepatan aliran pada badan sungai dan muara sungai diakomodir melalui gabungan persamaan hidrodinamika di aliran sungai dan perairan laut. Luapan air dari badan sungai, limpasan air dari daratan dan daerah dataran rendah sebagai daerah genangan termasuk dalam perhitungan hidrodinamika dan hidrologi.

Data-data yang dibutuhkan untuk mensimulasikan banjir di daratan terdiri dari data yang dibutuhkan dari modul aliran sungai dan modul hidrodinamika di perairan laut. Kompleksitas dan simpul aliran disederhanakan melalui proses perhitungan numerik tingkat tinggi. Data-data luaran modul ini berupa areal genangan dan lama waktu genangan dengan gaya-gaya pembangkit dari parameter hidrologi dan parameter hidrodinamika yang beragam.

Hasil luaran modul ini dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak ArcGIS versi 9.0 dan versi 9.1 dengan manajemen basisdata yang terintegrasi dengan sistem informasi geografis dan bersifat dinamis. Kemudahan sistem visualisasi dengan mengintegrasikan kedalam perangkat lunak GIS dapat memudahkan untuk menganalisis lebih lanjut dengan data-data spatial lainnya. Kecepatan distribusi informasi juga menjadi bagian penting yang telah dipertimbangkan dari modul ini. Sistem yang terintegrasi ini membuat modul ini dapat memonitor secara rutin kondisi dan peringatan dini banjir di suatu lokasi.

Penerapan modul banjir di daratan dapat dimodelkan dan disimulasikan dengan berbagai skenario dengan aplikasi yang terdapat pada menu di samping kanan.