zonabmi

Beranda Modul Aliran Sungai

Aliran Sungai

Modul model aliran sungai adalah modul yang dapat mensimulasi aliran sungai, kualitas perairan dan transport sedimen di daerah estuari, sungai, sistem irigasi, kanal dan sistem pengairan lainnya. Modul dinamis ini dapat memberikan detail analisis, disain, manajemen dan operasional pada jaringan air sistem sederhana atau kompleks yang diperuntukan untuk meningkatkan efektifitas disain enjinering lingkungan, sumberdaya air, manajemen kualitas perairan dan perencanaan.

Basis utama modul ini adalah untuk memprediksi banjir, adveksi-dispersi, kualitas air, transport sedimen non-kohesif dengan menggunakan persamaan-persamaan hidrodinamika integrasi vertikal meliputi persamaan konservatif, kontinuitas, momentum termasuk persamaan Saint Venant. Aplikasi utama yang dapat diterapkan dengan modul ini adalah sebagai berikut:

1. Prediksi banjir dan operasional penampungan air (bendungan dan lain-lain)
2. Kontrol penanganan banjir.
3. Operasional untuk irigasi dan sistem drainase.
4. Disain sistem kanal
5. Banjir bandang dan gelombang di sungai dan estuari

Data-data yang dibutuhkan untuk mensimulasi modul aliran sungai ini sangat beragam tergantung dari aplikasi yang akan dimodelkan. Data-data dasar yang menyangkut sistem siklus air di permukaan, di dalam tanah dan sumber masukan dari curah hujan pada domain spatial sudah dapat dipastikan digunakan untuk mensimulasikan modul ini. Begitu pula luaran yang dapat disajikan dari modul ini tergantung dari aplikasi yang akan disimulasikan beragam parameter disediakan dengan proses-proses fisis yang akan dilibatkan. Penanganan modul model ini dilakukan oleh tenaga ahli dari berbagai disiplin keahlian meliputi hidrologi, hidrodinamika, hidro-oseanografi, praktisi pengairan dan lain-lain.

Penerapan modul aliran sungai dapat dimodelkan dan disimulasikan dengan berbagai skenario dengan aplikasi yang terdapat pada menu di samping kanan.