zonabmi

Beranda Modul Adveksi - Dispersi

Adveksi - Dispersi

Modul adveksi-dispersi mensimulasikan proses perpindahan (transport), penyebaran (dispersion) dan pengurangan (decay) dari bahan atau substan atau material terlarut atau tersuspensi. Bahan atau substan atau material (disebut juga komponen) dapat berupa bahan pencemar laut yang bersifat kimia, fisik atau biologi. Pergerakan massa air dari modul adveksi-dispersi berasal dari modul hidrodinamika dengan menggabungkan (coupled model) kedua modul tersebut. Gabungan modul ini dapat diterapkan dalam bentuk 2D (2 dimensi) dan 3D (3 dimensi) maupun dalam bentuk grid (rectangular grid) ataupun mesh (Flexible mesh / Finite Mesh). Tipe dari komponen yang akan dimodelkan penyebarannya dengan jenis grid baik model 2D maupun 3D terdiri dari tipe Conservative, Decaying, Heat Dissipating dan Heat Exchange, sedangkan pada jenis mesh dituangkan dalam modul komponen transport baik model 2D maupun 3D.

Data-data yang dibutuhkan untuk mensimulasikan model adveksi-despersi terdiri dari data dasar untuk hidrodinamika meliputi batimetri, inisial tinggi muka laut, viskositas eddy (Flux atau Velocity based) dan kekasaran dasar perairan (Manning Number atau Chezy Number) dengan gaya pembangkit hidrodinamika meliputi pasang-surut, angin, debit dan refraksi gelombang (Stationary atau Quasi Stationary). Data yang dibutuhkan untuk modul adveksi-dispersi meliputi jenis komponen dan konsentrasi komponen dari sumber-sumbernya (point sources) yang akan dimodelkan penyebarnya, inisial konsentrasi di seluruh perairan yang akan dimodelkan, konsentrasi yang terdeposisi baik di permukaan air dengan sumber masukan komponen dari udara maupun dari dasar perairan, faktor pengurangan konsentrasi komponen (decay component consentration), koefisien penyebaran panas (Heat Dissapation) untuk simulasi penyebaran panas dan koefisien penyebaran (Dispersion Coeff.) dengan dua opsi tidak tergantung terhadap arus maupun tergantung oleh besaran arus. Luaran dari model adalah konsentrasi penyebaran tiap komponen dari sumber-sumbernya ke perairan yang akan dimodelkan.

Penerapan modul adveksi-dispersi dapat dimodelkan dan disimulasikan dengan berbagai skenario dengan aplikasi yang terdapat pada menu di samping kanan.