zonabmi

Beranda Berita Zonabmi

Undangan untuk bergabung dengan Tim ZonaBMI

Dengan hormat,


Bersama ini kami mengundang para peneliti dan praktisi kelautan untuk bergabung kedalam Tim ZonaBMI dengan ikut berkontribusi pada bidang-bidang sebagai berikut:

1     Tim Pakar Kelautan

Pada Unit Bidang Keahlian:

1.1       Oseanografi Fisik
1.2       Oseanografi Kimia
1.3       Oseanografi Biologi
1.4       Oseanografi Perikanan
1.5       Biologi Laut
1.6       Ekologi Laut
1.7       Budidaya Laut
1.8       Pencemaran Laut
1.9       Dampak Lingkungan
1.10     Manajemen Pesisir dan Laut
1.11     Tata Ruang
1.12     Tehnik Pantai
1.13     Sosial Ekonomi

2     Tim Pemodelan Laut

Pada Unit Bidang Keahlian:

2.1         Formulasi Numerik
2.2         Software Modeling
2.3         Programmer

3     Tim Pengolahan Data

Pada Unit Bidang Keahlian:

3.1         Pemetaan dan SIG
3.2         Pesisir dan Laut
3.3         Cuaca dan Laut
3.4         Penginderaan Jauh Kelautan
3.5         Software Developer

4     Tim Basis Data

Pada Unit Bidang Keahlian:

4.1         Pesisir
4.2         Kelautan
4.3         Iklim

5     Tim Laboratorium

Pada Unit Bidang Keahlian:

5.1         Fisik
5.2         Kimia
5.3         Biologi

6     Tim Survei

Pada Unit Bidang Keahlian:

6.1         Darat dan Pesisir
6.2         Laut
6.3         Meterologi

7     Tim Pelatihan

Pada Unit Bidang Keahlian:

7.1         Pengolahan Data
7.2         Pemodelan
7.3         Interpretasi Data

 

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan sebagai undangan.

   

Salam hangat,

 

Manajemen ZonaBMI
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Masa Uji Coba Website Zonabmi

Masa ujicoba website ZonaBMI dimulai hari senin, tanggal 16 September 2013, oleh karena itu pada bagian Layanan, Pelatihan, Survei, Basis Data, Pengolahan Data, dan Analisis Lab untuk sementara belum dapat dilayani sampai dengan pemberitahuan selanjutnya.

 

Salam Hangat ,

 

Manajemen ZonaBMI,

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Pembangunan Skenario Pemodelan Tumpahan Minyak dengan menggunakan berbagai Jenis Minyak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara

Pembangunan Skenario Pemodelan Tumpahan Minyak dengan menggunakan berbagai Jenis Minyak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara

Lokasi : Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara
Tanggal : Januari, 2009

Pelabuhan Tanjung Priok yang berada di Teluk Jakarta adalah pelabuhan yang terpadat di Indonesia. Berbagai aktifitas perekonomian memanfaatkan fasilitas pelabuhan ini dengan optimal. Salah satunya adalah distribusi dan transportasi kapal tanker pengangkut minyak. Kepadatan pelabuhan ini memiliki potensi yang besar untuk terjadi kecelakaan tabrakan kapal pengangkut minyak. Selain itu, potensi kecelakaan lainnya adalah kebocoran pipa distribusi minyak yang diletakan di bawah perairan di dalam Pelabuhan. Gangguan yang sangat besar akan terjadi apabila terjadi tumpahan minyak di dalam pelabuhan dan perairan sekitar pelabuhan yang padat digunakan untuk aktifitas manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian untuk melihat beberapa kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi apabila terdapat kecelakaan yang mengakibatkan terjadinya tumpahan minyak.
Teknologi pemodelan dapat membantu untuk mengkaji dan menganalisis pola penyebaran dan konsentrasi minyak yang tumpah dari berbagai sumber. Skenario pemodelan yang disusun berdasarkan kemungkinan tumpahan minyak yang terjadi akibat tabrakan kapal tanker di ke dua alur pintu masuk ke pelabuhan dan kebocoran pipa yang ditanam di bawah perairan di dalam pelabuhan. Pemodelan dilakukan pada dua musim yang berbeda yaitu musim barat dan musim timur. Hasil kajian ini memperlihatkan bagaimana pola penyebaran dan konsentrasi dari berbagai jenis minyak meliputi minyak mentah, diesel, bensin dan avtur pada kedua musim yang berbeda. Tabrakan yang mungkin terjadi pada alur pintu masuk pelabuhan, apakah akan masuk ke dalam pelabuhan atau menyebar mencemari perairan sekitarnya. Selain itu, dapat diketahui pengaruh struktur dan disain pelabuhan terhadap pola penyebaran minyak yang tumpah. Pada kemungkinan kasus kebocoran pipa minyak di dalam pelabuhan, dapat diketahui apakah minyak tersebut pada kedua musim yang berbeda akan keluar dari pelabuhan atau tidak. Selain itu, dari hasil kajian ini telah diketahui jenis minyak apa yang memiliki dampak yang paling merugikan jika terjadi tumpahan minyak.
Modul model yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

1. Hidrodinamika
2. Analisis Tumpahan Minyak
3. GIS Kelautan

Aplikasi lainnya yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Pesisir Pantai
2. Kualitas Estuari dan Pesisir Pantai
3. Kualitas Perairan
4. Kajian Dampak Lingkungan

 

Video Hasil Kajian

Pemodelan Hidrodinamika untuk Perencanaan Pemasangan Pipa Bawah Laut di Perairan Utara Jawa

Pemodelan Hidrodinamika untuk Perencanaan Pemasangan Pipa Bawah Laut di Perairan Utara Jawa

Lokasi  :  Perairan Utara Jawa, Banten dan Jawa Barat
Tanggal : Oktober 2008
 

Kajian ini dilakukan sebagai studi awal untuk mengkaji pola sirkulasi arus dan tinggi muka laut di perairan sebelah utara Banten dan Jawa Barat. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mempelajari pengaruh pola sirkulasi arus terhadap rencana pemasangan pipa bawah laut dari mulai sebelah timur sampai ke sebelah barat di perairan tersebut. Proses hidrodinamika di perairan ini kemungkinan besar berpengaruh pada penempatan pipa dasar laut. Terdapat dua kemungkinan yaitu pergeseran pipa dan terjadinya proses sedimentasi di sepanjang pipa yang akan ditanam. Pergeseran pipa akan berpengaruh terhadap kekuatan pipa untuk menahan gaya renggaan pipa di dasar laut dan sedimentasi akan mempengaruhi proses perawatan pipa.
Teknologi pemodelan membantu untuk mengkaji pola sirkulasi arus dan tinggi muka laut di perairan ini. Skenario pemodelan dibangun berdasarkan dua musim yang berbeda yaitu musim barat dan musim timur. Di perairan utara Jawa, sirkulasi arus sangat besar dipengaruhi oleh regim muson dimana angin barat dan timur akan membangkitkan sirkulasi perairan arus di perairan ini. Hasil dari kajian ini diperoleh informasi seberapa besar pengaruh kecepatan dan arah arus terhadap kestabilan pipa dasar laut pada kedua musim tersebut.
Modul model yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:

1. Hidrodinamika
2. GIS Kelautan

Aplikasi lainnya yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

1. Bangunan Lepas Pantai
2. Sedimentasi

Video Hasil Kajian