zonabmi

Beranda Beranda Tentang Kami

Tentang Kami

Zona Benua Maritim Indonesiai (ZONABMI) merupakan suatu organisasi semi komersial yang terdiri dari para peneliti dan modeler dibidang kelautan. ZONABMI bergerak dibidang riset, kajian, studi dan penerapan teknologi di bidang kelautan dengan fokus pada pemanfaatan teknologi pemodelan. Hampir semua permasalahan yang muncul dalam pengelolaan pesisir dan kelautan solusinya dapat didukung oleh teknologi pemodelan. Teknologi pemodelan merupakan teknologi terkini dalam mempelajari dan memahami prilaku perairan dan interaksi fisik, kimia dan biologi didalamnya.

Pada prinsipnya seluruh aktifitas yang memanfaatkan wilayah pesisir dan laut dapat berjalan selaras dan serasi dengan lingkungan perairan jika dapat dipertahankan keseimbangannya. Interaksi antara aktifitas tersebut dengan lingkungan perairan harus dapat dipahami dengan mendalam sehingga dapat diketahui bagaimana menjaga keseimbangannya. Oleh karena itu, para pengambil kebijakan dalam pengelolaan wilayah pesisir dan laut harus didukung oleh kaidah-kaidah ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan.

Teknologi Pemodelan memiliki kemampuan untuk mensimulasikan kondisi nyata lingkungan perairan di alam beserta interaksinya kedalam suatu bentuk model yang mudah untuk dipelajari dan dipahami. Skenario-skenario alam di perairan yang mungkin terjadi dapat dimodelkan dengan akurat. Begitu pula sebaliknya, kejadian-kejadian ataupun fenomena yang muncul di perairan dapat dipelajari dan difahami proses bekerjanya dengan cara memodelkannya.

 

Salam Hangat, 

 
Andri Purwandani
Pencetus dan Pendiri Zonabmi
Teknologi Pemodelan Benua Maritim Indonesia