zonabmi

Beranda Basis Data

Basis Data

Basis data iklim dan kelautan yang tersedia di institusi nasional dan internasional dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemodelan. Data tersebut bermanfaat untuk mempersiapkan data-data masukan untuk pemodelan, verifikasi dan validasi model, data syarat batas dan parameterisasi model. Basis data yang berasal dari  lembaga-lembaga riset internasional tidak hanya menyediakan basis data insitu saja, tetapi juga menyediakan data-data luaran model baik berupa data asimilasi dan data prediksi. Selain itu, tersedia pula dataset hasil reanalisis berupa data grid dari hasil pengolahan data insitu.

Basis data pesisir yang telah terkumpul dari lembaga-lembaga survei nasional maupun internasional berupa data karakteritik pantai meliputi garis pantai, batimetri skala detail, karakteristik dasar perairan, tutupan lahan dan lain-lain. Basis data kelautan telah terkumpul sangat banyak dengan resolusi spasial yang tinggi dan resolusi temporal yang panjang. Begitu pula basis data iklim berupa data sinoptik maupun data reanalisis. Umumnya basis data ini disediakan oleh lembaga-lembaga riset internasional.

Jika membutuhkan data-data tersebut dapat mengisi isian dibawah ini. Apabila basis data yang dibutuhkan bersumber dari institusi riset internasional dan berupa dataset dengan format asli dari sumbernya maka tidak dikenakan biaya. Tetapi apabila dataset tersebut telah diubah dengan format dataset tertentu untuk mempermudahkan pengguna data maka akan dikenakan biaya standarisasi data. Sedangkan apabila dataset tersebut bersumber dari lembaga nasional dengan format data asli dari sumbernya maka dataset tersebut tidak dapat didistribusikan. Tetapi apabila dataset tersebut telah melewati suatu proses pengolahan data atau turunan dari data aslinya dapat didistribusikan dan dikenakan biaya pengolahan data dengan nilai yang tidak terlalu mahal.

 

Jika membutuhkan data-data tersebut dapat Klik DAFTAR BASIS DATA