zonabmi

Beranda Aplikasi Prediksi Kondisi Laut Prediksi Tinggi Muka Laut

Prediksi Tinggi Muka Laut

Informasi dan prediksi tinggi muka laut sangat dibutuhkan bagi berbagai aktifitas di muara sungai, pesisir pantai dan di laut lepas. Aktifitas tersebut seperti kepelabuhan, keselamatan pelayaran, budidaya laut, pertambakan, pariwisata pantai, industri garam, operasional anjungan lepas pantai dan lain-lain. Monitoring informasi dan prediksi tinggi muka laut di waktu yang akan datang dibutuhkan berkaitan dengan perencanaan operasional aktifitasnya. Kesalahan dalam menentukan perencanaan aktifitas berkaitan dengan perubahan tinggi muka laut dapat berakibat fatal, seperti kapal karam, kecelakaan operasional dan kerugian materiil yang tidak sedikit.

Perubahan tinggi muka laut di setiap perairan berbeda-beda, dipengaruhi oleh gaya-gaya grafitasi utama pembangkit pasang-surut (matahari, bulan dan bumi) dan selain itu ditentukan oleh batimetri, morphologi pantai, aliran sungai, tekanan udara dan proses klimatologi lainnya. Besarnya amplitudo dan fase dari siklus pasang-surut di setiap perairan berbeda-beda, ditentukan oleh komponen-komponen gaya pembangkit pasang-surut.

Teknologi pemodelan dapat membantu untuk melakukan prediksi dan monitoring rutin perubahan tinggi muka laut dengan cepat dan tepat, sehingga dapat membantu perencanaan aktifitas-aktifitas yang ada di suatu perairan tertentu. Skenario pemodelan dibangun dengan menggunakan dua pendekatan yaitu melalui model prediksi langsung pada suatu titik lokasi tertentu di perairan dan tinggi muka laut dari model yang dibangkitkan dari proses-proses hidrodinamika.

Modul model hidrodinamika digunakan untuk memprediksi tinggi muka laut yang berasosiasi dengan proses-proses hidrodinamika dan modul model GIS Kelautan digunakan untuk menampilkan hasil prediksi dan informasi tambahan lainnya kedalam suatu sistem yang terintegrasi. Monitoring dan prediksi tinggi muka laut dari hasil pemodelan dapat didistribusikan melalui jaringan lokal dan internet.

Modul model yang dapat digunakan untuk membangun model dengan skenario dan simulasi prediksi tinggi muka laut dapat dilihat pada menu yang terdapat di bagian kanan.