zonabmi

Beranda Aplikasi Prediksi Kondisi Laut Peringatan Dini Kepelabuhan

Peringatan Dini Kepelabuhan

Padatnya lalulintas kapal atau sulitnya alur kapal pada saat memasuki pelabuhan mengharuskan administrator pelabuhan untuk berhati-hati dalam mengatur atau memandu keluar-masuk kapal-kapal untuk sandar di pelabuhan atau akan lego jangkar di areal pelabuhan. Kesulitan ini karena tidak diketahuinya kondisi perairan di dalam pelabuhan atau di sekitar pelabuhan. Kondisi perairan tersebut meliputi pola sirkulasi arus, tinggi muka laut dan gelombang. Awak kapal membutuhkan informasi tersebut untuk membantu memudahkan kapal keluar-masuk pelabuhan. Tidak sedikit insiden yang terjadi di pelabuhan baik kecelakaan besar maupun kecil. Salah satu bagian dari pelayanan oleh administrator palabuhan adalah untuk memberikan informasi kondisi perairan di sekitar pelabuhan kepada kapal-kapal yang akan keluar-masuk atau lego jangkar. Oleh karena itu, kemampuan administrator pelabuhan untuk memberikan informasi prediksi kondisi perairan di sekitar pelabuhan perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan ini akan memperlancar pengelolaan kapal di pelabuhan dan membantu pengelola kapal untuk melakukan efesiensi.

Teknologi pemodelan dapat membantu administrator pelabuhan dalam memberikan informasi hasil prediksi kondisi sirkulasi arus, tinggi muka laut dan gelombang di dalam pelabuhan dan di sekitar pelabuhan. Skenario pemodelan dibangun berdasarkan struktur pelabuhan dan areal di luar pelabuhan dan disusun secara kontinyu.

Modul model Hidrodinamika digunakan untuk memprediksi kondisi sirkulasi arus dan tinggi muka laut. Prediksi gelombang dilakukan dengan menggunakan modul-modul model gelombang meliputi Gelombang Spektral, Gelombang Spektral di Perairan Dangkal, Gelombang Parabolic Mild Slope, Gelombang Elliptic Mild Slope, Refraksi-difraksi Gelombang, Gelombang Boussinesq dan Perangkat Analisis Gelombang. Informasi hasil prediksi dari pemodelan diintegrasikan dengan data dan informasi pendukung lainnya dengan menggunakan modul model GIS Kelautan.

Modul model yang dapat digunakan untuk membangun model dengan skenario dan simulasi peringatan dini kepelabuhan dapat dilihat pada menu yang terdapat di bagian kanan.