zonabmi

Beranda Aplikasi Morphologi Pantai Perubahan Batimetri dan Pantai

Perubahan Batimetri dan Pantai

Pendangkalan di suatu perairan yang biasanya diikuti dengan majunya garis pantai menuju ke arah laut disebabkan oleh proses sedimentasi yang disebut dengan akresi pantai. Penyebab pendangkalan berasal dari proses sedimentasi yang terbawa dari limpasan air permukaan tanah dan erosi pantai. Sumber sedimen tersebut sendiri semakin besar karena berbagai macam aktifitas manusia. Aktifitasnya adalah meliputi limbah buangan industri dan pembukaan tutupan lahan di pinggir pantai yang biasanya digunakan untuk areal pertanian. Dampak yang ditimbulkannya dapat berupa kematian organisme laut, penurunan biodiversitas, hambatan jalur pelayaran karena pendangkalan, gangguan atau hilangnya habitat, menurunnya stok alami makanan laut (seafood), perubahan distribusi ukuran sedimen, peningkatan kekeruhan dan perubahan kedalaman.

Teknologi pemodelan dapat membantu untuk mengkaji proses-proses pendangkalan dan perubahan garis pantai menuju ke arah laut dengan mensimulasikan perubahan tersebut dari waktu ke waktu. Skenario yang dibangun berdasarkan jumlah dari sumber sedimen dari limpasan air permukaan tanah dan sedimen yang berasal dari proses erosi pantai.

Modul model yang digunakan untuk mensimulasikan perubahan batimetri dan pantai adalah meliputi beberapa modul sedimentasi yaitu modul Pergerakan Sedimen Kolom Air dan modul Pergerakan Partikel, modul Hidrodinamika untuk mensimulasikan pola sirkulasi arus di perairan dan beberapa alternatif modul gelombang yaitu modul Gelomabng Spektral di Perairan Dangkal, Refraksi-difraksi Gelombang dan Perangkat Analisis Gelombang. Transport sedimen di permukaan tanah disimulasikan dengan menggunakan modul Banjir di Daratan dan modul untuk mensimulasikan proses pendangkalan pantai dan perubahan garis pantai dengan menggunakan modul Morphologi Pantai dan Proses Litoral dan Dinamika Garis Pantai. Data-data hasil pemodelan diintegrasikan dengan data spatial pendukung lainnya menggunakan modul GIS Kelautan untuk melakukan proses pemetaan.

Modul model yang dapat digunakan untuk membangun model dengan skenario dan simulasi perubahan batimetri dan pantai dapat dilihat pada menu yang terdapat di bagian kanan.