zonabmi

Beranda Aplikasi Kualitas Perairan Sensitifitas Limbah Pencemaran Perairan

Sensitifitas Limbah Pencemaran Perairan

Limbah buangan pencemar dari aktifitas manusia yang masuk ke dalam sistem perairan memiliki sensitifitas yang berbeda-beda di setiap perairan, meskipun konsentrasi dan komposisi bahan pencemar tersebut sama. Keadaan ini dapat terjadi karena respon di setiap perairan akan berbeda-beda dalam menerima bahan pencemar. Respon tersebut dapat bersifat menguatkan (menjadi bersifat toksik atau lebih toksik) atau melemah (dinetralisir) oleh suatu perairan. Kondisi ini tergantung dari berbagai faktor fisik, kimia dan biologi perairan. Respon dari biota di suatu perairan juga sangat menentukan sifat sensitifitas dari limbah pencemar. Jika biota mampu untuk mentolerir bahan pencemar dengan konsentrasi tertentu maka sensitifitas bahan pencemar tersebut akan menjadi lebih kecil, begitu pula sebaliknya. Respon biota terhadap limbah pencemar juga perlu dipertimbangkan akumulasi bahan pencemar yang terkandung di dalam biota melalui proses-proses bioakumulasi, biokonsentrasi dan biomagnifikasi.

Modul model hidrodinamika digunakan untuk mengkaji pola sirkulasi arus dan tinggi muka laut dan pola distribusi konsentrasi limbahn pencemar perairan dikaji dengan menggunakan modul model Adveksi-Dispersi. Sensitifitas limbah pencemar perairan yang terkandung di dalam sedimen dan partikel dapat dikaji dengan modul model Pergerakan Sedimen Kolom Air dan modul model Pergerakan Partikel. Tumpahan minyak merupakan limbah pencemar yang sangat sensitif, oleh karena itu untuk melakukan kajian ini diperlukan modul model Analisis Tumpahan Minyak. Jika di suatu perairan memiliki muara sungai maka modul model Aliran Sungai perlu digunakan dengan pertimbangan bahwa banyak limbah pencemar perairan yang berasal dari sungai. Modul model GIS Kelautan digunakan untuk mengintegrasikan hasil simulasi dari pemodelan dengan informasi sensitifitas parameter limbah pencemar kedalam sistem informasi geografis yang terintegrasi.

Modul model yang dapat digunakan untuk membangun model dengan skenario dan simulasi sensitifitas limbah pencemat perairan dapat dilihat pada menu yang terdapat di bagian kanan.