zonabmi

Beranda Aplikasi Kualitas Perairan Distribusi Parameter Kimia Perairan

Distribusi Parameter Kimia Perairan

Parameter kimia merupakan faktor penting dalam menjaga kesetimbangan unsur-unsur kimia di perairan. Bahan kimia yang masuk ke perairan baik yang bersifat sebagai bahan pencemar maupun tidak, dapat dimodelkan untuk mengkaji pola distribusi konsentrasinya. Segala jenis parameter bahan kimia yang masuk kedalam perairan dapat dimodelkan dengan baik jika diketahui karakter penyebarannya (fate). Proses-proses interaksi kimiawi di dalam kolom air antara sumber buangan bahan kimia dengan unsur kimia di dalam perairan itu sendiri sangat penting untuk diperhitungkan didalam model yang akan dibangun. Setelah dapat diidentifikasi karakter penyebarannya, barulah dapat dibangun skenario pemodelannya dengan melibatkan proses hidrodinamika perairan. Skenario pemodelan disusun berdasarkan jenis parameter kimiawi sumber buangan dan jenis proses hidrodinamika yang akan dilibatkannya.

Modul model Hidrodinamika digunakan untuk mengkaji pola distribusi sirkulasi arus dan tinggi muka laut serta kaitannya dengan pola distribusi parameter kimia perairan. Modul model Adveksi-Dispersi sangat penting digunakan untuk mengkaji pola penyebaran dan karakter penyebaran (fate) dari parameter kimia perairan. Modul model Pergerakan Sedimen Kolom Air dan Pergerakan Partikel khusus digunakan untuk mengkaji fate parameter kimia yang berasosiasi dengan sedimen dan partikel di perairan. Khusus untuk parameter kimia yang berasal dari minyak atau disebut juga PAH (Poly Aromathic Hydrocarbon), kajiannya menggukan modul model Analisis Tumpahan Minyak. Modul model Aliran Sungai digunakan jika pada perairan yang akan dikaji merupakan perairan yang dekat dengan muara sungai dan aliran dari sungai memberikan kontribusi penting sebagai sumber dari parameter kimia tertentu. Modul model GIS Kelautan berguna untuk mengintegrasikan semua hasil simulasi kedalam sistem informasi geografis sehingga mudah untuk diinterpretasikan dan cepat dalam pengambilan keputusan.

Modul model yang dapat digunakan untuk membangun model dengan skenario dan simulasi distribusi parameter kimia perairan dapat dilihat pada menu yang terdapat di bagian kanan.