zonabmi

Beranda Aplikasi Bangunan Lepas Pantai Kestabilan Bangunan Lepas Pantai

Kestabilan Bangunan Lepas Pantai

Seringkali terjadi ketika terlihat sebuah dermaga atau penghalang gelombang mengalami patah pada struktur bangunannya atau mengalami kemiringan tertentu. Kejadian tersebut akibat tidak stabilnya struktur bangunan di pesisir (perumahan, hotel, bangunan daerah pariwisata, dermaga, pelabuhan dan lain-lain) dan di lepas pantai (Oil Platform dan lain-lain). Pengaruh terbesar terhadap kestabilan bangunan lepas pantai adalah pergerakan sedimen dan hentakan energi gelombang di dasar dan di kolom perairan akibat dari gaya-gaya yang bekerja terhadapnya yaitu arus dan gelombang. Pembangunan struktur bangunan di badan perairan mengakibatkan berubahnya pola sirkulasi dan parameter gelombang. Perubahan ini mengakibatkan terjadinya perpindahan sedimen dasar dari satu tempat ketempat lain atau menguatkan energi gelombang. Beberapa kemungkinan yang terjadi adalah masuknya sedimen ke daerah struktur bangunan jika struktur bangunan tersebut dekat dengan muara sungai sebagai sumber sedimen dan keluarnya atau tergerusnya sedimen dasar perairan pada struktur bangunan ke suatu tempat. Kondisi terakhir ini yang menyebabkan terjadinya ketidakstabilan struktur bangunan di pesisir dan di lepas pantai.

Untuk mengatasi hal ini perlu dikaji kondisi sirkulasi perairan, pergerakan sedimen dan partikel perairan dan kondisi gelombang di perairan tersebut sebelum dan sesudah dibangunan struktur bangunan. Kajian ini melalui modul-modul model untuk mensimulasikan penyebab ketidakstabilan kondisi struktur bangunan. Modul Hidrodinamika disediakan untuk menelaah pola sirkulasi dan tinggi muka laut di perairan. Berbagai macam modul model gelombang disediakan untuk mengkaji karakteristik parameter gelombang. Pemilihan modul gelombang yang tepat tergantung dari karakteristik perairannya. Perpindahan sedimen disimulasikan dengan modul Pergerakan Sedimen Dasar. Jika diperlukan kajian yang lebih mendalam pada daerah di perairan estuari maka modul Aliran Sungai dapat diintegrasikan sehingga dapat menganalisis secara lebih komprehensif.

Modul model yang dapat digunakan untuk membangun model dengan skenario dan simulasi kestabilan bangunan lepas pantai dapat dilihat pada menu yang terdapat di bagian kanan.