zonabmi

Beranda Kajian Kelautan Kutipan Media Banjir dari Daratan

Greenpeace Desak Pemkot Jayapura Evaluasi Banjir

"Lembaga swadaya masyarakat lingkungan asing Greenpeace meminta Pemerintah Kota Jayapura mengevaluasi kasus banjir yang selalu terjadi di daerah itu saat datang hujan. Koordinator Kampanye Greenpeace Papua, Charles Tawaru, di Jayapura, Kamis mengatakan pemerintah Kota Jayapura harus ancang-ancang untuk mengatasi banjir yang sering terjadi setiap hujan. "Kondisi Jayapura dalam kemiringan yang cukup curam, sehingga pemerintah setempat harus mereview tata ruang kota. Drainase yang ada kurang maksimal akhirnya tidak mampu menampung debit air ketika hujan," katanya.Kawasan penyangga atau daerah-daerah resapan air juga diperhatikan. Dia mengatakan sebagian daerah penyangga air seperti daerah Perumnas IV Padangbulan dan Entrop saat ini beralih fungsi menjadi kawasan perumahan padahal sebelumnya lokasi itu rawa-rawa dan ditumbuhi mangrove."
 

Greenpeace Desak Pemkot Jayapura Evaluasi Banjir

republika.co.id, 24 April 2014

http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/14/04/24/n4i924-greenpeace-desak-pemkot-jayapura-evaluasi-banjir

Modifikasi Cuaca Diklaim 22 Persen Efektif Kurangi Hujan

"Permasalahan penyebab banjir Jakarta sudah terlalu kompleks. Pemerintah dan pihak terkait tidak bisa mengatasinya dalam waktu singkat. Normalisasi waduk dan sungai, relokasi warga dan langkah lain untuk jangka panjang sudah dilakukan. Tapi, butuh upaya untuk target jangka pendek."

 

Modifikasi Cuaca Diklaim 22 Persen Efektif Kurangi Hujan

Yunanto Wiji Utomo, 20 Januari 2014

http://sains.kompas.com/read/2014/01/20/1820123/Modifikasi.Cuaca.Diklaim.22.Persen.Efektif.Kurangi.Hujan

Januari Puncak Musim Hujan

"Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Sugiono menjelaskan cuaca ekstrem, seperti hujan deras disertai petir dan angin kencang bahkan puting beliung, biasanya kerap terjadi di puncak musim hujan. Untuk itu, daerah-daerah yang menjadi langganan banjir atau tanah longsor harus waspada dan berhati-hati. "Pada puncak musim hujan nanti, intensitas hujan berkisar antara sedang sampai tinggi. Saat itu juga cuaca ekstrem bisa sering terjadi," kata Sugiono di Bandar Lampung, Sabtu (30/11). Selain cuaca ekstrem di daratan, pada puncak musim hujan wilayah perairan jugan rentan dilanda gelombang tinggi. Nelayan dan nakhoda diminta berhati-hati dan tidak memaksa melaut saat cuaca tidak memungkinkan."

 

Januari Puncak Musim Hujan

Wandi Barboy, Januari 2013

http://lampost.co/berita/januari-puncak-musim-hujan