zonabmi

Beranda Analisis Lab

Analisis Lab

Hasil akuisisi data dari kegiatan survei di lapangan, diantaranya membutuhkan analisis lebih lanjut di laboratorium. Sampel dari hasil survei di lapangan harus segera dianalisis untuk menghindari kerusakan sampel tersebut. Berbagai metode analisis kimia diterapkan untuk menganalisis kandungan suatu parameter di dalam sampel tersebut.

Hasil analisis di laboratioum dari sampel yang diambil pada saat survei harus memiliki tingkat keakurasian yang tinggi karena data hasil analisis laboratorium ini akan digunakan sebagai data masukan pemodelan dan berguna pada proses verifikasi dan validasi model. Secara umum, sampel-sampel dari hasil survei di lapangan dibagi dalam tiga kelompok yaitu fisik, kimia dan biologi. Secara lebih rinci masing-masing kelompok tersebut dijabarkan sebagai berikut:

   1.  Fisik

a.  Sedimen Kolom Air
b.  Sedimen Dasar

   2.  Kimia

a.  Komponen Inorganik
b.  Komponen Organik
c.  Padatan Tersuspensi
d.  Kimia Sedimen
e.  Bahan Pencemar

1. Logam Berat
2. PAH
3. Klorohidrokarbon
4. Pestisida dan PCBs
5. Organik

   3.  Biologi

a.  BOD
b.  COD
c.  POM
d.  Nutrien
e.  Klorofil
f.  Fitoplankton
g.  Zooplankton
h.  Organisme Bentik
i.  Keragaman Biota
j.  Dominansi Biota

Jika membutuhkan dukungan untuk menganalisis sampel hasil survei di laboratorium maka dapat KLIK DAFTAR ANALISIS LAB. Sampel-sampel yang akan dianalisis akan diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam laboratorium untuk menghindari jika ada sampel-sampel yang telah rusak.